Jumat, 22 Agustus 2008

Teaching Strategies

Menjadi Guru yang Efektif

  1. Pengajaran yang efektif mensyaratkan agar guru menguasai banyak keahlian. Kita mudah terjebak dalam pemikiran bahwa jika Anda menguasai mata pelajaran, maka otomatis Anda akan bisa mengajar dengan efektif. Tetapi sebenarnya guru yang efektif membutuhkan beragam keahlian.
  2. Sering-seringlah memperluas perspektif Anda. Anda harus yakin bahwa Anda bisa menjadi guru yang efektif sebagaimana yang Anda inginkan. Cobalah melihat sesuatu sebagaimana murid Anda melihat, dan cari tahu bagaimana murid-murid memandang diri Anda. Curahkan hati dan pikiran Anda untuk membantu murid membangun kemampuan memperluas perspektif.
  3. Ingatlah selalu daftar karakteristik di bawah ini selama Anda mengajar. Lihatlah daftar itu dan pikirkan tentang bidang pengajaran efektif yang berbeda-beda yang bisa bermanfaat bagi Anda dan juga bermanfaat untuk pengajaran Anda selama Anda masih menjadi guru pemula, dan bahkan setelah Anda menjadi guru yang berpengalaman sekalipun. Dengan selalu mempertimbangkan karakteristik ini dari waktu ke waktu, Anda mungkin akan mengetahui bahwa Anda melupakan satu atau dua bidang dan butuh waktu untuk meningkatkan diri Anda di bidang tersebut.
Daftar Karakteristik Guru Terbaik dan Terburuk Menurut Murid

Karakteristik

% Total

Karakteristik

% Total

Punya selera humor

79,2

Membuat kelas menjadi membosankan

79,6

Membuat kelas menjadi menarik

73,7

Tidak menerangkan secara jelas

63,2

Menguasai mata pelajaran

70,1

Pilih kasih

52,7

Menerangkan secara jelas

66,2

Sikapnya buruk

49,8

Mau meluangkan waktu untuk membantu murid

65,8

Terlalu banyak menuntut kepada siswa

49,1

Bersikap adil kepada murid

61,8

Tidak nyambung dengan murid

46,2

Memperlakukan murid seperti orang dewasa

54,4

Memberikan PR terlalu banyak

44,2

Berhubungan baik dengan murid

54,2

Terlalu kaku

40,6

Memerhatikan perasaan murid

51,9

Tidak membantu/memerhatikan siswa

40,5

Tidak pilih kasih

46,6

Kontrol kurang

39,9

Sumber: John W. Santrock, Educational Psychology 2nd Edition. McGraw-Hill, 2004.

Tidak ada komentar: