- Pengajaran yang efektif mensyaratkan agar guru menguasai banyak keahlian. Kita mudah terjebak dalam pemikiran bahwa jika Anda menguasai mata pelajaran, maka otomatis Anda akan bisa mengajar dengan efektif. Tetapi sebenarnya guru yang efektif membutuhkan beragam keahlian.
- Sering-seringlah memperluas perspektif Anda. Anda harus yakin bahwa Anda bisa menjadi guru yang efektif sebagaimana yang Anda inginkan. Cobalah melihat sesuatu sebagaimana murid Anda melihat, dan cari tahu bagaimana murid-murid memandang diri Anda. Curahkan hati dan pikiran Anda untuk membantu murid membangun kemampuan memperluas perspektif.
- Ingatlah selalu daftar karakteristik di bawah ini selama Anda mengajar. Lihatlah daftar itu dan pikirkan tentang bidang pengajaran efektif yang berbeda-beda yang bisa bermanfaat bagi Anda dan juga bermanfaat untuk pengajaran Anda selama Anda masih menjadi guru pemula, dan bahkan setelah Anda menjadi guru yang berpengalaman sekalipun. Dengan selalu mempertimbangkan karakteristik ini dari waktu ke waktu, Anda mungkin akan mengetahui bahwa Anda melupakan satu atau dua bidang dan butuh waktu untuk meningkatkan diri Anda di bidang tersebut.
Karakteristik | % Total | Karakteristik | % Total |
Punya selera humor | 79,2 | Membuat kelas menjadi membosankan | 79,6 |
Membuat kelas menjadi menarik | 73,7 | Tidak menerangkan secara jelas | 63,2 |
Menguasai mata pelajaran | 70,1 | Pilih kasih | 52,7 |
Menerangkan secara jelas | 66,2 | Sikapnya buruk | 49,8 |
Mau meluangkan waktu untuk membantu murid | 65,8 | Terlalu banyak menuntut kepada siswa | 49,1 |
Bersikap adil kepada murid | 61,8 | Tidak nyambung dengan murid | 46,2 |
Memperlakukan murid seperti orang dewasa | 54,4 | Memberikan PR terlalu banyak | 44,2 |
Berhubungan baik dengan murid | 54,2 | Terlalu kaku | 40,6 |
Memerhatikan perasaan murid | 51,9 | Tidak membantu/memerhatikan siswa | 40,5 |
Tidak pilih kasih | 46,6 | Kontrol kurang | 39,9 |
Sumber: John W. Santrock, Educational Psychology 2nd Edition. McGraw-Hill, 2004.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar