Jumat, 05 September 2008

Pendidikan yang Holistik Sekolah Hati Suci

Pendidikan Sekolah Hati Suci bercirikan pendidikan secara holistik (menyeluruh) dan luas. Untuk mendukung program ini perpustakaan membuat program pelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan otak secara utuh, bukan hanya otak kiri saja sebagaimana yang selama ini diagung-agungkan. Perpustakaan juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan otak kanan mereka.

Belahan otak kiri manusia mengontrol bagian tubuh sebelah kanan. Otak kiri bekerja secara logis dan matematis. Sementara otak kanan manusia mengontrol bagian tubuh sebelah kiri. Otak kanan berhubungan dengan kemampuan bahasa, kreativitas, dan seni.

Menjadi seorang yang pintar berarti memiliki kemampuan otak sebelah kiri dan sebelah kanan yang sama baiknya. Bila hanya otak kiri atau otak kanan yang dikembangkan, maka siswa tersebut dikategorikan setengah pintar karena hanya sebagian otaknya saja yang dimaksimalkan fungsinya.

Contoh orang-orang pintar adalah Romo Mangun Wijaya, Bung Karno, Alfred B. Nobel, Benyamin Franklin, dll. Orang-orang tersebut tidak hanya dikenal karena kemampuan mereka di bidang matematika, fisika, kimia, arsitektur, teknik sipil tetapi juga mereka dikenal sebagai seniman, negarawan, penulis, penemu, penulis puisi, orator.

Salah satu program perpustakaan Sekolah Hati Suci adalah membuat proyek Book Report. Siswa diwajibkan membaca buku-buku literatur dunia dan Indonesia kemudian membuat laporannya. Laporan tersebut berisi tentang rangkuman cerita dan kandungan moral dari cerita tersebut.

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda:

http://pendidikan.infogue.com/
http://pendidikan.infogue.com/pendidikan_yang_holistik

promosikan artikel anda di infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler,telah tersedia widget shareGue dan nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!